KHASIAT SURAT YASIN


Barang siapa membaca Surat Yassin dengan khusyuk,Niscaya Allah SWT akan menulis pahala kepadanya seperti pahalanya orang yang membaca Al Qur’an 10x.
Pada masa 1000 tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi para malaikat sering mendengar Allah SWT membaca Surat Yassin dan Surat Thoha. Berarti 1000 tahun sebelum kejadian penciptaan langit dan bumi Allah SWT telah menciptakan kedua surat tersebut dan sering dibaca olehNya.
Para malaikat berkata : “bagus benar susunan ayat demi ayat itu, Ya Allah kepada siapa akan diturunkan kedua surat itu..? Allah berfirman “Untuk umat Nabi akhir zaman (yakni umat Nabi Muhamad SAW).
Yassin lamaa quri’at lahu, artinya Yassin itu menurut tujuan hajat pembacanya (surat yassin itu dibaca menurut tujuan (hajat) orang yang membacanya. Jadi kalau ada hajat yang ingin diraih dengan baca surat ini sebanyak-banyaknya insya Allah degan izin Allah SWT akan terkabul) (
Sebagai bukti sudah sering terjadi,contoh sesorang menyatakan pernah membaca surat yassin sebanyak 47x pas malam hari Subhanallah segala hajatnya terkabul dan segala kesusahan hilang.

Fadhilah dan khasiat surat yasin
Pengertian Surah Yasin merupakan surat yang di turunkan di Makkah, surah ini
merupakan surat ke 36 dengan jumlah 83 ayat, dinamai yasin karena di mulai dengan huruf y_a_s_i_n
Isi kandungan surah yasin
– Kandungan Keimanan
– Keimanan akan Allah dengan mensucikannya dengan sifat-sifatnya, Keimanan akan Alqur’an yang merupakan ilmu, kekuasaan dan rahmat Allah, keimanan akan surga dan sifat-sipatnya, keimanan akan hari akhir.
– Kisah-Kisah
Kisah utusan-utusan nabi isa a.s dengan penduduk anthakiyah.
– salah satu ayatnya menjelaskan adanya bukti ilmu pengetahuan Astronomi: semua bintang di cakrawala berjalan pada garis edarnya .
Fadhilah Surah Yasin
– dibacakan pada orang sakaratul maut maka akan memepermudah keluarnya ruh.
– Membaca Surah Yasin = Membaca Alqur’an 10 kali
– Dapat memberi syafaat bagi pembacanya
– Dimudahkan hajatnya
– Meringankan siksa kubur
– Menolak kejahatan
– Di baca pada malam jum’at mendapatkan ampunan
– Jika belum menikah akan dapat jodoh.
– Jika ketakutan,Allah akan menghilangkan rasa takutnya itu.
– Jika dipenjara,niscaya akan bebas.
– Orang tersesat akan mendapat jalan lagi.
– Orang haus akan hilang hausnya.
– Orang sakit akan hilang sakitnya.
– Ada lagi Namanya Surat Yassin Fadhilah, Membaca 1 kali Yassin Fadhilah setara dengan membaca Surat Yasin biasa 7 kali. Anda bisa Mendownload Surat Yassin fadhilah dalam Postingan ini.

Beberapa manfaat surah Yaasiin(Yasin), antara lain:1. Menurut sabda Nabi Muhammad saw, siapa membaca surah Yaasiin(Yasin) satu kali, sama dengan membaca Alqur’an sampai khatam(selesai)sepuluh kali, siapa membiasakan membaca surah Yaasiin setiap malam sampai mati, maka termasuk mati syahid.2. Jika dibaca pada waktu pagi, maka memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika dibaca disore hari maka dapat gembira sampai pagi.3. Jika anda ada maksud kepada pembesar supaya berhasil, maka bacalah surah yaasiin dari rumah sebanyak 25 kali, maka insya Allah berhasil.4. Jika dibacakan untuk orang yang akan meninggal dunia, maka tidak akan dicabut nyawanya selagi ia belum didatangi malaikat Ridwan dengan maksud memberi kegembiraan kepada orang yang akan meninggal tersebut.5. Jika dibacakan pada mayat di dalam kubur maka diringankan siksanya, jika ditulis dan dilebur air, lalu diminum, sama dengan meminum seribu obat.6. Khasiatnya lagi adalah dapat dipergunakan sebagai obat sakit panas, caranya dibaca sekali, setiap sampai pada lafadz “MUBIIN” dengan mengikat benang sekali sampai tujuh, kemudian diikatkan pada bahu kanannya orang yang sakit panas, maka insya Allah sehat kembali.

Mendayagunakan Surat Yasin
1.Pemagaran Rumah- Ambil Air Satu Ember Besar penuh.- Celupkan jari telunjuk kanan kedalam ember yang di isi air.- Baca Sholawat Nabi 3 X- Baca surah Yasin 7 X, pada ayat ke 9 baca 11 x- Baca Ayat Qursy 99 X- Baca Ayat Qursy 1 X, lalu pada ayat ter akhir baca 100 X- Berdo’a mohon kepada Allah, agar air bermanfaat untuk memagari rumah sehingga apabila ada ghoib fasik/ kafir akan binasa seketika itu juga.(Saat berdo’a jari telunjuk kanan tetap ada di dalam ember air).Keterangan:- Setelah berdo’a, percikan air ke seluruh area rumah (Pagar, tembok rumah, pintu, genteng dll).- Gunakan juga sedikit untuk membersihkan lantai.- Masukan kedalam tangki Air dll.

About these ads

15 Tanggapan to “KHASIAT SURAT YASIN”

  1. naim emel prahana Says:

    Saya ingin menanyakan tentang artikel di bawah ini, yang saya ambil melalui Internet juga yang dibuat oleh Ika Mustikawati, apakah benar yang ditulis Bu Ika itu banyak hadist palu dan lemah tentang Keutamaan Surah Yassin, mohon jawabannya. Ini email saya nep_prahana@yahoo.co.id.
    terima kasih
    —————tulisan di bawah ini menjadi ganjalan saya—–
    Keutamaan Surat Yasin
    Oleh: Ika Mustikawati | 15 August 2012 | 18:51 WIB
    Kebanyakan kaum muslimin membiasakan membaca surat Yasin, baik pada malam Jum’at, ketika mengawali atau menutup majlis ta’lim, ketika ada atau setelah kematian dan pada acara-acara lain yang mereka anggap penting. Saking seringnya surat Yasin dijadikan bacaan di berbagai pertemuan dan kesempatan, sehingga mengesankan, Al-Qur’an itu hanyalah berisi surat Yasin saja. Dan kebanyakan orang membacanya memang karena tergiur oleh fadhilah atau keutamaan surat Yasin dari hadits-hadits yang banyak mereka dengar, atau menurut keterangan dari guru mereka.
    Al-Qur’an yang di wahyukan Allah adalah terdiri dari 30 juz. Semua surat dari Al-Fatihah sampai An-Nas, jelas memiliki keutamaan yang setiap umat Islam wajib mengamalkannya. Oleh karena itu sangat dianjurkan agar umat Islam senantiasa membaca Al-Qur’an. Dan kalau sanggup hendaknya menghatamkan Al-Qur’an setiap pekan sekali, atau sepuluh hari sekali, atau dua puluh hari sekali atau khatam setiap bulan sekali. (Hadist Riwayat Bukhari, Muslim dan lainnya).
    Sebelum melanjutkan pembahasan, yang perlu dicamkan dan diingat dari tulisan ini, adalah dengan membahas masalah ini bukan berarti penulis melarang atau mengharamkan membaca surat Yasin.
    Sebagaimana surat-surat Al-Qur’an yang lain, surat Yasin juga harus kita baca. Akan tetapi di sini penulis hanya ingin menjelaskan kesalahan mereka yang menyandarkan tentang fadhilah dan keutamaan surat Yasin kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
    Selain itu, untuk menegaskan bahwa tidak ada tauladan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallammembaca surat Yasin setiap malam Jum’at, setiap memulai atau menutup majlis ilmu, ketika dan setelah kematian dan lain-lain.
    Mudah-mudahan keterangan berikut ini tidak membuat patah semangat, tetapi malah memotivasi untuk membaca dan menghafalkan seluruh isi Al-Qur’an serta mengamalkannya.

    KELEMAHAN HADITS-HADITS TENTANG FADHILAH SURAT YASIN
    Kebanyakan umat Islam membaca surat Yasin karena -sebagaimana dikemukakan di atas- fadhilah dan ganjaran yang disediakan bagi orang yang membacanya. Tetapi, setelah penulis melakukan kajian dan penelitian tentang hadits-hadits yang menerangkan fadhilah surat Yasin, penulis dapati Semuanya Adalah Lemah.
    Perlu ditegaskan di sini, jika telah tegak hujjah dan dalil maka kita tidak boleh berdusta atas nama Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebab ancamannya adalah Neraka. (Hadits Riwayat Bukhari, Muslim, Ahmad dan lainnya).
    HADITS DHA’IF DAN MAUDHU’
    Adapun hadits-hadits yang semuanya dha’if (lemah) dan atau maudhu’ (palsu) yang dijadikan dasar tentang fadhilah surat Yasin diantaranya adalah sebagai berikut :
    Hadist 1
    Artinya: “Siapa yang membaca surat Yasin dalam suatu malam, maka ketika ia bangun pagi hari diampuni dosanya dan siapa yang membaca surat Ad-Dukhan pada malam Jum’at maka ketika ia bangun pagi hari diampuni dosanya.” (Ibnul Jauzi, Al-Maudhu’at, 1/247).
    Keterangan: Hadits ini Palsu.
    Ibnul Jauzi mengatakan, hadits ini dari semua jalannya adalah batil, tidak ada asalnya. Imam Daruquthni berkata: Muhammad bin Zakaria yang ada dalam sanad hadits ini adalah tukang memalsukan hadits. (Periksa: Al-Maudhu’at, Ibnul Jauzi, I/246-247, Mizanul I’tidal III/549,Lisanul Mizan V/168, Al-Fawaidul Majmua’ah hal. 268 No. 944).
    Hadits 2
    Artinya: “Siapa yang membaca surat Yasin pada malam hari karena mencari keridhaan Allah, niscaya Allah mengampuni dosanya.”
    Keterangan: Hadits ini Lemah.
    Diriwayatkan oleh Thabrani dalam kitabnya Mu’jamul Ausath dan As-Shaghir dari Abu Hurairah, tetapi dalam sanadnya ada rawi Aghlab bin Tamim. Kata Imam Bukhari, ia munkarul hadits. Kata Ibnu Ma’in, ia tidak ada apa-apanya (tidak kuat). (Periksa: Mizanul I’tidal I:273-274 danLisanul Mizan I : 464-465).
    Hadits 3
    Artinya: “Siapa yang terus menerus membaca surat Yasin pada setiap malam, kemudian ia mati maka ia mati syahid.”
    Keterangan: Hadits ini Palsu.
    Hadits ini diriwayatkan oleh Thabrani dalam Mu’jam Shaghir dari Anas, tetapi dalam sanadnya ada Sa’id bin Musa Al-Azdy, ia seorang pendusta dan dituduh oleh Ibnu Hibban sering memalsukan hadits. (Periksa: Tuhfatudz Dzakirin, hal. 340, Mizanul I’tidal II : 159-160, Lisanul Mizan III : 44-45).
    Hadits 4
    Artinya: “Siapa yang membaca surat Yasin pada permulaan siang (pagi hari) maka akan diluluskan semua hajatnya.”
    Keterangan: Hadits ini Lemah.
    Ia diriwayatkan oleh Ad-Darimi dari jalur Al-Walid bin Syuja’. Atha’ bin Abi Rabah, pembawa hadits ini tidak pernah bertemu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebab ia lahir sekitar tahun 24H dan wafat tahun 114H.
    (Periksa: Sunan Ad-Darimi 2:457, Misykatul Mashabih, takhrij No. 2177, Mizanul I’tidal III:70 dan Taqribut Tahdzib II:22).
    Hadits 5
    Artinya: “Siapa yang membaca surat Yasin satu kali, seolah-olah ia membaca Al-Qur’an dua kali.”(Hadits Riwayat Baihaqi dalam Syu’abul Iman).
    Keterangan: Hadits ini Palsu.
    (Lihat Dha’if Jamiush Shaghir, No. 5801 oleh Syaikh Al-Albani).
    Hadits 6
    Artinya: “Siapa yang membaca surat Yasin satu kali, seolah-olah ia membaca Al-Qur’an sepuluh kali.” (Hadits Riwayat Baihaqi dalam Syu’abul Iman).
    Keterangan: Hadits ini Palsu.
    (Lihat Dha’if Jami’ush Shagir, No. 5798 oleh Syaikh Al-Albani).
    Hadits 7
    Artinya: “Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu mempunyai hati dan hati (inti) Al-Qur’an itu ialah surat Yasin. Siapa yang membacanya maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala membaca Al-Qur’an sepuluh kali.”
    Keterangan: Hadits ini Palsu.
    Hadits ini diriwayatkan oleh At-Tirmidzi (No. 304 8) dan Ad-Darimi 2:456. Di dalamnya terdapat Muqatil bin Sulaiman. Ayah Ibnu Abi Hatim berkata: Aku mendapati hadits ini di awal kitab yang di susun oleh Muqatil bin Sulaiman. Dan ini adalah hadits batil, tidak ada asalnya. (Periksa: Silsilah Hadits Dha’if no. 169, hal. 202-203). Imam Waqi’ berkata: Ia adalah tukang dusta. Kata Imam Nasa’i: Muqatil bin Sulaiman sering dusta.
    (Periksa: Mizanul I’tidal IV:173).
    Hadits 8
    Artinya: “Siapa yang membaca surat Yasin di pagi hari maka akan dimudahkan (untuknya) urusan hari itu sampai sore. Dan siapa yang membacanya di awal malam (sore hari) maka akan dimudahkan urusannya malam itu sampai pagi.”
    Keterangan: Hadits ini Lemah.
    Hadits ini diriwayatkan Ad-Darimi 2:457 dari jalur Amr bin Zararah. Dalam sanad hadits ini terdapat Syahr bin Hausyab. Kata Ibnu Hajar: Ia banyak memursalkan hadits dan banyak keliru. (Periksa: Taqrib I:355, Mizanul I’tidal II:283).
    Hadits 9
    Artinya: “Bacakanlah surat Yasin kepada orang yang akan mati di antara kamu.”
    Keterangan: Hadits ini Lemah.
    Diantara yang meriwayatkan hadits ini adalah Ibnu Abi Syaibah (4:74 cet. India), Abu Daud No. 3121. Hadits ini lemah karena Abu Utsman, di antara perawi hadits ini adalah seorang yang majhul (tidak diketahui), demikian pula dengan ayahnya. Hadits ini juga mudtharib (goncang sanadnya/tidak jelas).
    Hadits 10
    Artinya: “Tidak seorang pun akan mati, lalu dibacakan Yasin di sisinya (maksudnya sedang naza’) melainkan Allah akan memudahkan (kematian itu) atasnya.”
    Keterangan: Hadits ini Palsu.
    Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam kitab Akhbaru Ashbahan I :188. Dalam sanad hadits ini terdapat Marwan bin Salim Al Jazari. Imam Ahmad dan Nasa’i berkata, ia tidak bisa dipercaya. Imam Bukhari, Muslim dan Abu Hatim berkata, ia munkarul hadits. Kata Abu ‘Arubah Al Harrani, ia sering memalsukan hadits. (Periksa: Mizanul I’tidal IV : 90-91).
    PENJELASAN
    Abdullah bin Mubarak berkata: Aku berat sangka bahwa orang-orang zindiq (yang pura-pura Islam) itulah yang telah membuat riwayat-riwayat itu (hadits-hadits tentang fadhilah surat-surat tertentu). Dan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata: Semua hadits yang mengatakan, barangsiapa membaca surat ini akan diberikan ganjaran begini dan begitu SEMUA HADITS TENTANG ITU ADALAH PALSU. Sesungguhnya orang-orang yang memalsukan hadits-hadits itu telah mengakuinya sendiri. Mereka berkata, tujuan kami membuat hadits-hadits palsu adalah agar manusia sibuk dengan (membaca surat-surat tertentu dari Al-Qur’an) dan menjauhkan mereka dari isi Al-Qur’an yang lain, juga kitab-kitab selain Al-Qur’an. (Periksa: Al-Manarul Munffish Shahih Wadh-Dha’if, hal. 113-115).
    KESIMPULAN
    Dengan demikian jelaslah bahwa hadit-hadits tentang fadhilah dan keutamaan surat Yasin, semuanya LEMAH dan PALSU. Oleh karena itu, hadits-hadits tersebut tidak dapat dijadikan hujjah untuk menyatakan keutamaan surat ini dan surat-surat yang lain, dan tidak bisa pula untuk menetapkan ganjaran atau penghapusan dosa bagi mereka yang membaca surat ini. Memang ada hadits-hadits shahih tentang keutamaan surat Al-Qur’an selain surat Yasin, tetapi tidak menyebut soal pahala. Wallahu A’lam

  2. Pengamal surat yaasin. Says:

    Banyak amalan yg jika di rinci akan ada hadist yg sifatnya lemah, tapi bukan berarti tak bisa diamalkan. Apa yg di lakukan oleh umat islam saat ini dlm amalan surat yaasin memang telah di contohkan oleh para guru agama sblmnya yg telah di yakini tingkat keilmuan dan ketakwaannya. Bisa jadi cara ini juga merupakan cara dakwah beliau-beliau para guru agama di nusantara ini agar umat islam rajin utk mengaji krn mengharapkan fadilahnya. Tingkat keimanan seseorang itu berbeda – beda. Sy lbh yakin kalo org yg mengharapkan fadilah baca qur’an krn hajatnya pasti lbh rajin mengaji ketimbang yg sekedar tahu cara mengaji para sahabat rosulullah yg mengkhatamkan bacaan al qur’an dlm 3 hari, 7 hari atau lainnya. Jadi sebagai motivasi sah – sah saja amalan surah yaasin ini ataupun surah lainnya yg telah berjalan selama ini. Kt yg tahu ada dimana kt skr dlm mengharapkan fadilah baca qur’an ini. Silahkan pilih dan tentukan, lalu amalkan saja. Krn jika hny seputar dalil saja kt hny berputar trus n sulit utk sampai pd makna n tujuan di turunkannya al qur’an. Lbh kurangnya mhn ma’af, sy yg dhaif ini hny coba urun saran agar para pengamal surat yasin tak jadi gamang dg kebiasaan yg telah di jalaninya slma ini.

  3. ayah Says:

    jadi, anda mau bertanggung jawab terhadap pertanggungjawaban semua orang yang mengamalkan apa yang anda tulis di sini ini sebagai hujjah mereka kelak di akherat? karena ini bukan soal sah-sah saja atau boleh-boleh saja mengamalkan hadist yg lemah atau bahkan palsu. kecuali anda memang berani mempertanggung jawabkan amalan yg didasari dalil lemah dan palsu ini kelak di hadapan Allah. logikanya begini, kalo mengerjakan yg soheh saja kadang kita tidak dapat pahalanya, hanya dapat capeknya (contoh: puasa ramadhan), apalagi melaksanakan yg lemah atau bahkan palsu? bukan berarti tidak boleh baca yasiin. karena yasiin itu bagian dari alqur’an. alangkah senangnya saya kalau hadist tentang membaca yasiin 1x sama dengan khatam qur’an 10x itu shoheh, maka saya sudah cukup menghapal yasiin saja. sehari bisa baca berkali-kali. berarti khatam berkali-kali. berarti pahala segunung-gunung. sehingga surat-surat yg lain tidak lagi saya perlukan. begitu kah? saya harap tidak. karena saat ada perbedaan pendapat, masalah tersebut harus disandarkan pada asal-muasal hukum, yaitu qur’an dan hadist. bukan disandarkan pada amalan nenek-moyang kita yg sudah anda anggap pasti benarnya itu. apakah saya menganggap nenek-moyang kita salah melulu dan masuk neraka? tidak, itu urusan Allah dengan yg sudah mati. nah, kita-kita ini yg masih sekarang berkutat dengan hal-hal seperti ini yg menurut saya sudah gak jaman lagi. mekkah itu sudah tidak sejauh dulu. mushaf qur’an itu tidak semahal dulu. kitab hadist juga sudah tercetak dimana-mana dengan bahasa apa saja. guru ngaji yg amanah juga banyak. jadi kenapa masih menyandarkan diri pada hadist lemah dan palsu sementara hadist yg soheh yg membahas tentangnya masih ada dan lebih layak dipakai? hanya Allah dan anda saja yg tau.

    • Mahmud Says:

      Assalamu’alaikum
      maaf, mnurut saya pahala dan fadhilah itu hana Allah yg ngatur, jadi kita hanya harus yakin, klo anda kurang yakin ya silahkan.. Saling menghargai saja, misal soal doa qunut, ada yg setuju ada jg yg kurang setuju. Klo saya setuju.
      Terimakasih.
      Wassalamu’alaikum

  4. dede lukman Says:

    Aslm,ijin amalkan ki,waslm

  5. Putri Says:

    assalamu’alaikum. Mksih infox ya

  6. Niatsuci Says:

    Izin mengamalkan,, aminn. ..

  7. GERBANG REZEKI SULAIMAN | abikusuma Says:

    [...] KHASIAT SURAT YASIN [...]

  8. Ard Says:

    Maha besar Allah

  9. Aldipd Says:

    Trima ksh atas ktergn nya mdh2n brmanpaat bagi smua umat.

  10. andi wardani Says:

    ijinkan q mengamalkannya..

  11. akmal Says:

    boleh kemukakan sumbernya? agar lebih meyakinkan..

  12. thzshortener.altervista.org Says:

    Appreciation to my father who stated to me regarding this blog, this weblog
    is actually remarkable.

  13. local family dentist Says:

    Everyone loves it when people come together and share views.
    Great site, continue the good work!

Komentar Sobat KSIH

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.246 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: