Malaikat


Alam gaib selalu menyimpan misteri,karena orang selalu tertarik & penasaran ketika ada sedikit ‘tirai’ yang tersingkap, selama ini mahluk gaib yang di perbincangkan adalah Jin dan Setan, karena kedua mahluk ini memiliki kebiasaan mengoda dan menyesatkan manusia.Orang lalu penasaran untuk mengetahui lebih dalam ihwal keberadaan mereka.

Selain Jin dan setan,sebenarnya ada mahluk gaib yang sebenarnya

hidup di sekitar kita,selalu menyapa kita,dan bahkan senantiasa menyertai kita dalam melakukan segala hal,baik itu yag buruk maupun yang baik, tapi sayang kita semua hampir melupakan mahluk gaib yang satu ini,dialah mahluk yang di sebut Malaikat.

Memang mahluk ini tidak banyak ‘berulah’ sebagaimana setan atau jin,karena Ia di ciptakan Allah justru untuk membantu manusia berlaku taat kepada Tuhan.

Sebagai seorang muslim kita tidak seharusnya melupakan mahluk yang satu ini,karena dalam rukun iman terdapat salah satunya adalah Beriman Kepada Malaikat.

Beriman kepada Malaikat merupakan salah satu pondasi akidah.Keimanan kita tidak akan sempurna tanpa di sertai keimanan kita kepada Malaikat.
Malaikat merupakan bagian dari alam gaib,dimana Allah Swt memberikan pujian kepada orang-orang yang mengimaniNya,karena hal itu merupakan suatu bentuk pembenaran terhadap berita yang datang dari Allah Swt dan sekaligus juga pembenaran terhadap berita yang datang dari rosulNya.

Di sini akan sedikit saya bahas tentang sifat penciptaan Malaikat,nama beserta tugasnya :

Materi Penciptaan Malaikat

Dari hadist yang di riwayatkan oleh Aisyah r.a binti Abu Bakar r.a dari ayahnya sendiri di sebutkan bahwa Rosulullah SAW menceritakan kepada kita,bahwa materi yang digunakan Allah untuk menciptakan malaikat adalah Nur(cahaya).

Rosulullah bersabda :
“Malaikat itu di ciptakan dari cahaya,jin d ciptakan dari nyala api,sedangkan Adam di ciptakan dari apa yang telah di gambarkan kepada kalian”.(HR.Muslim).

Mungkin ada yang bertanya, tentang jenis cahaya yg di gunakan untuk menciptakan Malaikat

Di sini Rosulullah SAW,tidak menyebutkan kepada kita jenis cahaya yang di gunakan untuk menciptakan malaikat,oleh karena itu kita tidak bisa menyelami lebih jauh lagi persoalan ini secara detail.Hal ini termasuk persoalan gaib,dan tidak ada hadist yang memberikan penjelasan lebih banyak lagi dari hadist tersebut di atas.

Kapan Malaikat di Ciptakan

Kita tidak mengetahui kapan malaikat di ciptakan,karena Allah SWT tidak memberitahukan hal itu.Namun kita mengetahui bahwa mereka di ciptakan lebih dahulu dari penciptaan Adam moyang manusia.Allah SWT memberitahukan kepada kita bahwa Ia telah mengumumkan kepada para malaikat bahwa Ia akan menjadikan seorang khalifah di muka bumi.

Allah SWT berfirman :
“Dan (ingatlah)ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”(Al-Baqorah:30).

Yang di maksud khalifah di sini adalah Adam AS,dan Allah menyuruh mereka agar bersujud kepadanya ketika Allah menciptakannya.

“Maka apabila Aku telah menyempurnakannya dan telah meniupkan kedalamnya ruh(ciptaan)Ku,maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud(menghormat)”.(Al-Hijr:29)

Nama beserta Tugas Malaikat

Sesungguhnya jumlah,nama dan tugas malaikat tidak ada yang mengetahui kecuali Dzat yang meciptakannya.

“Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu melainkan Dia”.(Al-Mudatsir:31)

Di sini saya akan coba mengingatkan kembali beberapa nama dan tugas para malaikat,yang mungkin telah di ajarkn kepada kita waktu kita ngaji/skul,di antaranya :

Malaikat Jibril bertugas Menyampaikan wahyu
Malaikat Isrofil bertugas meniup sangkakala saat kebagkitan manusia
Malaikat Malik bertugas sebagai penjaga/pengawas neraka
Malaikat Ridwan bertugas menjaga Surga
Malaikat Munkar & Nakir bertugas sebagai penjaga kubur
Malaikat Izrail bertugas sebagai pencabut nyawa
Malaikat Raqid Atid bertugas sebagai pencatat amal perbuatan manusia.

Dari uraian di atas dapat simpulkan bahwa sesunguhnya di sekitar kita masih ada mahluk gaib selain Jin & Setan yaitu Malaikat.

Mari kita pertebal iman kita dengan selalu mengingat adanya Malaikat di sekitar kita yg selalu mengawasi tingkah laku kita serta membimbing kita untuk taat kepada Allah SWT.

Iklan

6 Tanggapan to “Malaikat”

  1. Sang pencari jatidiri Says:

    Pertamaxx,,
    ijin nyimak

  2. Thamrin Zubir (lahat sumsel)A Says:

    Aslmlkum, apakah yg dapat kita lakukan selain mengingat keberadaannya?

  3. Ism. Says:

    Salam buat Thamrin.

    Setiap kali jika ana menyampaikan salam selawat ke atas Nabi s.a.w., ana jangan pula melupai menyebutkan nama Malaikat Jibril a.s. kerana Jibril a.s. adalah sahabat karib Nabi kita dan di perintahkan oleh Allah Taala supaya sentiasa mengawasi tingkah laku nabi Muhamad s.a.w. sehinggakan semenjak Nabi s.a.w. masih kecil lagi,Malaikat Jibril a.s. sentiasa memalingkan rupa Nabi kita supaya tidak berhadapan dengan patong patong berhala yang banyak terdapat di zaman kehidupan baginda.Ana hanya menyebut saja nama Malaikat Jibril a.s. di dalam hati dan kita tidak di haruskan untuk berselawat ke atas semua Malaikat Allah Taala,tetapi kita di haruskan berselawat hanya untuk Nabi Muhamad s.a.w. sahaja.Semua Malaikat berselawat ke atas Nabi kita begitu jiga dengan Malaikat Jibril a.s.

    Malaikat Jibril a.s. adalah satu di antara Malaikat Allah Taala yang terkuat dan terperkasa serta mempunyai akal yang sangat bijak.Dalam Surah An Najm ada tercatit nama Malaikat Jibril a.s. di mana pada malam berlaku nya mikraj Nabi ke Sidratul Muntaha,Malaikat Jibril telah menyamar sebagai pesawat terbang yang berkelajuan seperti petir atau kilat ( barq dalam bahasa Arab) dan menerbangkan nabi s.a.w. ke Planet Ghaib Sidratul Muntaha.Hanya Malaikat Jibril a.s. dan Nabi Muhamad s.a.w. saja yang melakukan penerbangan tadi dan mereka tidak memerlukan burong berkepak kerana Jibril a.s. sendiri boleh terbang lebih cepat dari kilat.Jika ana membaca Surah An Najm,ana dapat tahu sendiri bagaimana Malaikat Jibril telah menyamar sebagai pesawat terbang.Surah ini merupakan ayat ayat Mutasyabihat dan sulit untuk di fahamkan.Burong berkepak adalah kisah bohong yang kita sebagai orang Islam seharus nya tidak berfikiran sedemikian.

  4. Manyar Ndeso Says:

    nderek ngaji…….

  5. Tio556 Says:

    ada sebagian orang bilang nabi adam as sebagai panglima tentaranya Allah(malaikat). benar g y ???

  6. cemburubuta Says:

    siapa nama asli malaikat Izrail? hehehe

Komentar Sobat KSIH

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: