Tips Ramadhan


Tidak terasa bulan Ramadhan akan tiba, dimana umat Muslim menjalankan ibadah puasa yang merupakan perintah wajib dari Allah SWT kepada umat Islam yang beriman (QS Al Baqarah 183). Segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang, supaya puasa kali ini semakin baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tips-tips yang dapat dijalankan:

  • Jangan melewatkan waktu sahur

Selain merupakan sunnah Nabi yang artinya dianjurkan, sahur merupakan bekal energi tubuh sampai saat berbuka. Jika hari biasa kita makan 3x sehari: pagi, siang dan malam; maka saat berpuasa, makan siang akan dihilangkan dan dipindah ke saat maghrib (berbuka), sehingga kita harus mempersiapkan energi pada saat sahur.

  • Hindari malas bangun untuk sahur

Jika kita melewatkan sahur, perut kita akan kosong sampai saat berbuka, sehingga energi untuk beraktivitas akan sangat sedikit. Hal ini tentu akan mempengaruhi produktivitas kita sepanjang hari.

  • Pilihlah jenis makanan yang tepat untuk sahur.

Makanan yang dikonsumsi harus cukup memberikan energi dan memenuhi kebutuhan nutrisi penting bagi tubuh. Unsur nutrisi yang harus terpenuhi adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Sayur dan buah penting untuk memberikan serat, vitamin dan mineral. Serat diperlukan karena serat sulit dicerna sehingga akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Konsumsi sayur dan buah juga berfungsi sebagai sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat dan bugar selama puasa, terutama vitamin C yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Komentar Sobat KSIH

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: