Untuk Apa Kita diciptakan?


Kehidupan di dunia pada dasarnya hanyalah senda gurau atau main-main saja. Orang akan semakin merugi bila tidak tahu untuk apa ia diciptakan Allah dan menjalani kehidupan di dunia ini.

Kalau kita melihat besarnya kekuasaan Allah, niscaya kita akan segera mengucapkan “Allahu Akbar”, “Subhanallah”. Allah menciptakan langit tanpa tiang serta semua bintang yang menghiasinya dan Allah turunkan darinya air hujan dan tumbuh dengannya segala jenis tumbuh-tumbuhan. Bumi terhampar sangat luas, segala jenis makhluk bertempat tinggal di atasnya, berbagai kenikmatan dikandungnya dan setiap orang dengan mudah bepergian ke mana yang dia inginkan.

Binatang ada dengan berbagai jenis, bentuk, dan warnanya. Tumbuh-tumbuhan dengan segala jenisnya dan buah-buahan dengan segala rasa dan warnanya. Laut yang sangat luas dan segala rizki yang ada di dalamnya semuanya mengingatkan kita kepada kebesaran Allah dan ke-Mahaagungan-Nya.

Kita meyakini bahwa Allah menciptakan semuanya itu memiliki tujuan dan tidak sia-sia. Maka dari itu mari kita berlaku jujur pada diri kita dan di hadapan Allah yaitu tentu bahwa kita juga diciptakan oleh Allah tidak sia-sia, dalam arti kita diciptakan memiliki tujuan tertentu yang mungkin berbeda dengan yang lain. Allah berfirman:
“Maka apakah kalian mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kalian secara main-main dan bahwa kalian tidak akan dikembalikan kepada Kami?” (Al Mu’minun: 115)

“Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja ( tanpa pertanggungjawaban)?” (Al Qiyamah: 36)

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya tanpa hikmah”.(Shad: 27)

”Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dengan bermain-main.” (Ad Dukhan: 38)

Dari ayat-ayat di atas sungguh sangat jelas bahwa segala sesuatu yang ada di muka bumi ini dan yang ada di langit serta apa yang ada di antara keduanya tidak ada yang sia-sia. Lalu untuk siapakah semuanya itu?

Mari kita melihat keterangan Allah di dalam Al Qur’an:
“Dialah yang telah menjadikan bumi terhampar buat kalian dan langit sebagai atap dan Dia menurunkan air hujan dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rizki untuk kalian, karena itu janganlah kalian mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah padahal kalian mengetahuinya.” (Al Baqarah: 22)

”Dia Allah yang telah menjadikan segala apa yang di bumi untuk kalian.” (Al Baqarah: 29)

“Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kalian tempat menetap dan langit sebagai atap, lalu membentuk kalian, membaguskan rupa kalian serta memberi kalian rizki dari sebagian yang baik-baik yang demikian itu adalah Allah Tuhanmu, Maha Agung Allah, Tuhan semesta alam.” (Al Mu’min: 64)

Ibnu Katsir dalam tafsir beliau (1/60) mengatakan: “Allah mengeluarkan bagi mereka (dengan air hujan tersebut) segala macam tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang bisa kita saksikan sebagai rizki buat mereka dan binatang-binatang ternak mereka sebagaimana yang telah disebutkan di banyak tempat di dalam Al Qur’an.”

As-Sa’di mengatakan di dalam tafsir beliau hal. 30: ”Allah menciptakan segala apa yang ada di atas bumi buat kalian sebagai wujud kebaikan Allah bagi kalian dan rahmat-Nya agar kalian juga bisa mengambil manfaat darinya, bersenang-senang dan bisa menggali apa yang ada padanya. (Kemudian beliau mengatakan) dan Allah menciptakan semuanya agar manfaatnya kembali kepada kita.”

Sungguh sangat jelas bahwa semua apa yang ada di langit dan di bumi dipersiapkan untuk manusia seluruhnya. Maha Dermawan Allah terhadap hamba-Nya dan Maha Luas rahmat-Nya.

Dari keterangan di atas berarti manusia diciptakan oleh Allah dengan dipersiapkan baginya segala kenikmatan, tentu memiliki tujuan yang agung dan mulia. Lalu untuk apakah tujuan mereka diciptakan?

Tujuan Diciptakan Manusia
Manusia dengan segala nikmat yang diberikan Allah memiliki kedudukan yang tinggi di hadapan makhluk yang lain. Tentu hal ini menunjukkan bahwa mereka diciptakan untuk satu tujuan yang mulia, agung, dan besar. Tujuan inilah yang telah disebutkan oleh Allah di dalam Al Qur’an:
“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah-Ku.”(Adz Dzariat:56)

Abdurrahman As Sa’di dalam tafsir beliau mengatakan: “Inilah tujuan Allah menciptakan jin dan manusia dan Allah mengutus seluruh para rasul untuk menyeru menuju tujuan ini yaitu ibadah yang mencakup di dalamnya pengetahuan tentang Allah dan mencintai-Nya, bertaubat kepada-Nya, menghadap dengan segala yang dimilikinya kepada-Nya dan berpaling dari selain-Nya.”

Semua nikmat yang diberikan oleh Allah kepada manusia tidak lain hanya untuk membantu mereka dalam mewujudkan tugas dan tujuan yang mulia ini.

Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin dalam kitab Al Qaulul Mufid (1/27) mengatakan: “Dengan hikmah inilah manusia diberikan akal dan diutus kepada mereka para rasul dan diturunkan kepada mereka kitab-kitab, dan jika tujuan diciptakannya manusia adalah seperti tujuan diciptakannya binatang, niscaya akan hilang hikmah diutusnya para rasul dan diturunkannya kitab-kitab karena yang demikian itu akan berakhir bagaikan pohon yang tumbuh lalu berkembang dan setelah itu mati.”

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam kitab Majmu’ Fatawa (1/4) mengatakan: “Maka sesungguhnya Allah menciptakan manusia untuk menyembah-Nya sebagaimana firman Allah ‘Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka menyembah-Ku.’ Ibadah kepada Allah hanya dilakukan dengan cara mentaati Allah dan Rasul-Nya dan tidak dikatakan ibadah kecuali apa yang menurut syariat Allah adalah sesuatu yang wajib atau sunnah.”

Makna Ibadah
Ibadah secara bahasa artinya menghinakan diri. Sedangkan menurut syariat, Ibnu Taimiyyah mengatakan: “Nama dari segala yang dicintai oleh Allah dan diridhai-Nya (yang terdiri) dari segala bentuk perbuatan dan ucapan baik yang nampak ataupun yang tidak nampak.” (Al ‘Ubudiyyah, 38)

Macam Ibadah
Dari definisi Ibnu Taimiyah di atas kita mendapatkan faidah bahwa ibadah itu ada dua bentuk yaitu ibadah yang nampak dan tidak nampak. Atau dengan istilah lain ibadah dzahiriyyah dan ibadah bathiniyyah; atau dengan istilah lain lagi ibadah badaniyyah dan ibadah qalbiyyah.

Ibadah badaniyyah atau dzahiriyyah adalah segala praktek ibadah yang dapat dilihat melalui gerakan anggota badan yang diridhai Allah dan yang dicintai-Nya seperti shalat, zakat, puasa, berhaji, berdzikir, berinfak, menyembelih, bernadzar, menolong orang yang membutuhkan dan sebagainya. Adapun ibadah bathiniyyah atau ibadah qalbiyyah adalah ibadah yang terkait dengan hati dan tidak nampak seperti takut, tawakkal, berharap, khusyu’, cinta, dan sebagainya.

Dari kedua jenis ibadah ini, yang paling banyak kaum muslimin terjebak padanya adalah yang berkaitan dengan ibadah bathiniyyah atau ibadah hati dikarenakan sedikit dari kaum muslimin yang mengetahuinya.

‘Ubudiyyah dan Tingkatannya

Telah berbicara para ulama tentang tingkatan ‘ubudiyah ini berdasarkan apa yang telah disebutkan oleh Allah di dalam Al Qur’an.

Pertama, ‘ubudiyyah yang bersifat umum.

Ubudiyyah ini bisa dilakukan oleh setiap makhluk Allah yang muslim atau yang kafir. Inilah yang diistilahkan dengan ketundukan terhadap takdir dan sunnatullah. Allah berfirman:
“Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi, kecuali akan datang kepada Tuhan yang Maha Pemurah selaku seorang hamba.” (Maryam: 93).

Tentu di dalam ayat ini masuk juga orang-orang kafir.

Kedua, ‘ubudiyyah ketaatan yang bersifat umum.
Ini mencakup ketundukan setiap orang terhadap syariat Allah, sebagaimana firman Allah:
“Dan hamba-hamba Allah yang Maha Penyayang itu adalah orang-orang yang berjalan di muka bumi ini dengan rendah hati (tawadhu’).” (Al Furqan: 63)

Ketiga, ‘ubudiyyah yang khusus.
Ubudiyyah yang khusus ini adalah tingkatan para Nabi dan Rasul Allah. Sebagaimana firman Allah tentang Nabi Nuh:
“Sesungguhnya dia adalah hamba-Ku yang bersyukur.” (Al Isra’: 3).

Kemudian Allah berfirman tentang Rasulullah:
“Dan jika kalian ragu-ragu terhadap apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami” (Al Baqarah: 23).

Dan Allah berfirman tentang seluruh para rasul:
“Dan ingatlah akan hamba-hamba Kami Ibrahim, Ishaq dan Ya’qub yang memiliki perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi.” (Shad: 45).

Ini merupakan ‘ubudiyyahnya para rasul yang tidak ada seorangpun akan bisa mencapainya. (Al Qaulul Mufid, 1/36)

Syarat Diterimanya Ibadah
Tentu sebagai orang yang dikenai beban syariat tidak menginginkan jikalau ibadah, pengabdian, dan pengorbanan kita tidak bernilai di hadapan Allah. Telah sepakat para ulama Ahlus Sunnah bahwa sebuah ibadah akan diterima oleh Allah dengan dua syarat, yaitu “mengikhlaskan niat semata-mata untuk Allah” dan “mengikuti sunnah Rasulullah.”

Kedua syarat ini merupakan makna dari dua kalimat syahadat “Laa ilaaha illallah dan Muhammadur Rasulullah.” Kesepakatan Ahlus Sunnah dengan kedua syarat ini dilandasi Al Qur’an dan hadits, di antaranya adalah firman Allah:
“Dan tidaklah mereka diperintahkan melainkan agar mereka menyembah Allah dengan mengikhlaskan agama bagi-Nya.” (Al-Bayyinah: 5).

Rasulullah bersabda:
“Sesungguhnya amal itu sah dengan niat dan seseorang akan mendapatkan apa yang dia niatkan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Rasulullah bersabda:
“Barang siapa yang melakukan suatu amalan dan bukan dari perintahku maka amalannya tertolak.” (HR. Muslim)

Wallahu a’lam.

About these ads

8 Tanggapan to “Untuk Apa Kita diciptakan?”

  1. suara langit Says:

    PADEPOKAN SANTRI SATRIA ASSYFFA
    ADVETORIAL

    PADEPOKAN SANTRI SATRIA ASSYFFA

    Kami hadir ditengah-tengah masyarakat yang Insya Allah dapat membantu segala keluhan dan masalah yang Insya Allah Bisa Menangani :

    1. Pengobatan Medis Ataupun Non Medis Membersihkan Energi Negatif RUMAH, TOKO, TEMPAT USAHA, dengan Metode Ruqyah dan Do’a yang berfungsi untuk menentramkan Rumah, melancarkan usaha,penglarisan, dll. Mahar Infaq Rp. 500.000,-

    2. Terapi Ruqyah Bathin Mahar Infaq SEIKHLASNYA

    3. Terapi Halilintar Mahar Infaq KESEPAKATAN

    4. Terapi pengobatan fisik Mahar Infaq KESEPAKATAN

    5. Hipnoterapi Mahar Infaq KESEPAKATAN

    6. Mengeluarkan/menghilangkan SUSUK, SANTET, GENDAM,TELUH,GUNA-GUNA,PELET, dll Mahar Infaq KESEPAKATAN

    7. Terapi Bekam/ Al Hijamah Mahar Infaq Seikhlasnya

    8. Pengijazahan Keilmuan Mahar Infaq KESEPAKATAN

    9. Pelatihan Penghusada Assyifa (untuk mengobati diri sendiri)

    10. Pelatihan Master Penghusada Assyifa (untuk mengobati diri sendiri dan orang lain)

    11. Pelatihan Tenaga dalam Pusat Inti

    12. Pelatihan Pengembangan diri Metafisika

    13. Pelatihan keparanormalan yang beriman Adapun Produk yang kami sediakan untuk anda adalah :

    1. Air Teraphy Pengobatan ( ATP ) 1 Botol Air mineral ukuran 600 ml Infaq Mahar Rp. 115.000,-

    2. Air Kecerdasan ( AK ) 1 Botol Air Mineral Ukuran 600 ml Infaq Mahar Rp. 125.000,-

    3. Tasbih Karomah a. Kayu Stigi Infaq Mahar Rp. 100.000,- b. Kayu Cendana Infaq Mahar Rp. 115.000,- c. Kayu Gaharu Infaq Mahar Rp. 300.000,- d. Kayu Galih Asem Infaq Mahar Rp. 100.000,- e. Tasbih Maghrobi Infaq Mahar Rp. 150.000,-

    4. Haykal Jaljalut ( H J ) berfungsi untuk Kewibawaan, Pengasihan, Keselamatan, dll. Infaq Mahar Rp. 157.000,-

    5. Haekal Gantung ( HG ) berfungsi untuk Mengamankan Harta yang ada dirumah atau TOKO, mahar infaq Rp. 155.000,-

    6. Sorban Putih Berajah ( SPB ) dapat dirajah sesuai keinginan baik untuk kadigdayaan ataupun untuk keselarasan mahar infaq Rp. 161.000,-

    7. Minyak Non Al Kohol

    a. Misik Putih Asma ( MPA ) Mahar Infaq standar Rp. 50.000,- Istimewa Rp. 150.000,-

    b. Misik Hitam Asma (MHA) Mahar Infaq Standar Rp. 50.000,- Istimewa Rp. 150.000,-

    c. Jafaron Asma ( JA ) Mahar Infaq Standar Rp. 50.000,- Istimewa Rp. 150.000,-

    d. Melati Asma ( MA ) Mahar Infaq Standar Rp. 50.000,- Istimewa Rp. 150.000,-

    e. Kasturi Putih Asma ( KPA ) Mahar Infaq Standar Rp. 50.000,- Istimewa Rp. 150.000,-

    f. Kasturi Kijang Asma ( KKA ) Mahar Infaq Standar Rp. 50.000,- Istimewa Rp. 150.000,-

    g. Malaikat Subuh Asma ( MSA ) Mahar Infaq Standar Rp. 50.000,- Istimewa Rp. 150.000,-

    h. Seribu Bunga Asma ( SBA ) Mahar Infaq Standar Rp. 50.000,- Istimewa Rp. 150.000,-

    i. Dua Ribu Bunga Asma ( DBA ) Mahar Infaq Standar Rp. 50.000,- Istimewa Rp. 150.000,

    j. Cendana Asma ( CA ) Mahar Infaq Standar Rp. 50.000,- Istimewa Rp. 150.000,-

    8. Bedak Pengasihan ( BP ) membuka aura agar tetap bersinar Infaq Mahar disesuaikan dengan Bedaknya

    9. Mustika Indah Keselarasan ( MIK ) Mahar Infaq Rp. 150.000,- Perhatian…….!! : Barang yang kami sediakan melalui ritual terlebih dahulu jadi tidak instan. Akan kami sesuaikan dengan hari lahir Anda…… Tuntaskanlah Hajat dan Keinginan Anda, hati-hati barang palsu dan penipuan, Iklan atau Tidak Iklan kami tetap hadir melayani Anda.

    Pemesanan Hubungi : KI JAKA WIJAYA ASSYIFA No HP. 08118601737 ( Penanggung Jawab Terapi Reiki, Shambala, As-Syifa dan Al Hijamah,terapi lilin,Terapi Gurah, Terapi Buka Aura Wajah, Terapi Reflexiologi )

    PUTRA ROMO KALAM No HP. 0818 0633 2879 ( Penanggung Jawab Terapi Ruqyah, Hipno Terapi, Terapi Qolbu Suci, Terapi Deteksi Ghoib dan pusaka juga penarikan benda pusaka)

    KI LUMANTORO No HP. 08811509822 ( Penanggung Jawab Terapi Halilintar )

    DEAD MAN No HP. 021 32345408 ( Penanggung Jawab Pengijazahan Keilmuan dan terapi reiki islam,buka mata batin, Keparanormalan beriman) Ongkos Kirim ( dalam negeri Rp. 50.000,- luar negeri Rp. 100.000,- )

    Alamat Praktek : SABTU dan MINGGU 14.00 s/d 21.00 WIB Di Jl. Melati No. 125 Tg. Priok Jakarta Utara (PATOKAN IMIGRASI JAKARTA UTARA ) Di Luar hari itu mohon Janjian

  2. mesin pengumpul rupiah Says:

    Assalamu’alaikum. Agan, dari pada nungguin recehan ratusan2 rupiah dari iklan2 yang ntah kapan banyaknya, mendingan gabung disini aja gan. Agan bisa download dan pelajari e-book tentang cara mendapatkan penghasilan di dunia maya dengan mesin pengumpul rupiah. Agan juga bisa punya mesin pengumpul rupiah sendiri.., seru gan…

  3. uzodinatha Says:

    kang ustad Deadman yg sya hormati! kknpa bonus n boster energi n panduan reiki kundalininya belum jga saya terima nuwun

  4. SUPRAMISTIK Says:

    Salam sedulur,.http://supramistik.wordpress.com

  5. MBAH JATI Says:

    tanda tangan saja nggih…

  6. uzodinatha Says:

    Askum! ki deadman yg saya hormati dalam keilmuan infaq tingkat 3 yg sya ambil ada free atunment reiki untuk pengobatan n free boster full energi tpi cara penggunaany dalam panduan sma se x tak ada’ klo masalah bonus sya tk berhrp karna itu nmnya jg d beri! mhon kalo bisa sya d krim kelengkapan keilmuan sesuai isi program dalam paket 3 kang/saya hrus krimkan ongkos krim lagi!mhon pencerahnya bgi orng awam yg ingn bljar sprti sya.maaf sya confrim mlalui blog krna mlalui sms sya ykin penuh dri Sumedang wasalamAskum! ki deadman yg saya hormati dalam keilmuan infaq tingkat 3 yg sya ambil ada free atunment reiki untuk pengobatan n free boster full energi tpi cara penggunaany dalam panduan sma se x tak ada’ klo masalah bonus sya tk berhrp karna itu nmnya jg d beri! mhon kalo bisa sya d krim kelengkapan keilmuan sesuai isi program dalam paket 3 kang/saya hrus krimkan ongkos krim lagi!mhon pencerahnya bgi orng awam yg ingn bljar sprti sya.maaf sya confrim mlalui blog krna mlalui sms sya ykin penuh dri Sumedang wasalam

  7. KI ANOM SURO Says:

    Mohon ijin kepada para leluhur, saya ingin sedikit berbagi trik sulap.

    Trik inilah yang digunakan joe sandy saat final dengan menggunakan trik Mathematics Extreme Prediction yang Diciptakan oleh Wiku Pulangasih “the Online Magician”
    Effects : Anda bisa membuat prediksi 5 baris penjumlahan saat baris pertama baru selesai ditulis. Baris angka-angka di baris ke-1, 2, dan 4 ditulis secara acak oleh orang lain, sedangkan anda menulis angka-angka di baris ke-3 dan ke-5
    Prosedur :

    1. Minta seorang penonton untuk maju dan menentukan berapa digit angka yang akan digunakan dalam permainan (mulai dari 2 digit hingga tak terhingga). Misalkan, penonton memilih 5 digit angka. Katakan bahwa anda dan sang sukarelawan akan bermain dengan 5 baris penjumlahan.

    2. Suruh sang sukarelawan menulis 5 digit angka secara acak. Setelah selesai, katakan bahwa anda mampu memprediksi hasil penjumlahan, walaupun belum semua baris ditulis.
    *Cara membuat prediksi*
    -Jika angka terakhir pada baris pertama lebih besar dari 1, maka kurangi digit terakhir dengan 2, dan tulis angka 2 di depan digit pertama. Contoh, sukarelawan menulis 56743 maka prediksi yang anda buat adalah 256741
    -Jika angka terakhir pada baris pertama lebih kecil dari 2, maka kurangi digit terakhir dengan 2, kurangi digit kedua dari belakang dengan 1, dan tulis angka 2 di depan digit pertama. Contoh, sukarelawan menulis 56470, maka prediksinya adalah 256468. Jika sukarelawan menulis 56471, maka prediksinya adalah 256469.
    Tulis hasil prediksi dan masukkan ke selembar amplop.

    3. Minta orang lain menuliskan lagi 5 digit angka di bawah baris pertama. Misal orang tersebut menulis 87069.

    4. Sekarang, anda akan menulis angka di baris ketiga. Yang harus anda cermati adalah angka di baris kedua. Anda harus menuliskan angka-angka di baris ketiga yang apabila per digitnya dijumlahkan dengan angka-angka di baris kedua hasilnya 9. Contoh, baris kedua angkanya 87069. Maka di baris ketiga anda menulis 12930.

    5. Minta lagi orang lain untuk menulis lima digit angka di baris keempat. Misal, orang itu menulis 97438.

    6. Katakan bahwa anda akan menulis 5 digit angka di baris kelima (terakhir). Prinsipnya sama, yang harus anda cermati adalah angka di baris keempat. Anda harus menuliskan angka-angka di baris kelima yang apabila per digitnya dijumlahkan dengan angka-angka di baris keempat hasilnya 9. Contoh, baris kedua angkanya 97438, maka di baris kelima anda menulis 02561.

    7. Minta penonton lain menghitung kelima baris penjumlahan. Suruh ia menuliskan hasilnya, dan bukalah prediksi anda di dalam amplop. Hasilnya pasti sama!

    8. Di akhir permainan anda bisa berkata, “Ada 3 kemungkinan yang membuat saya bisa menciptakan prediksi ini. Kemungkinan pertama, saya bisa berhitung dengan sangat cepat, sedangkan kemungkinan kedua adalah saya bisa meramalkan masa depan. Kemungkinan ketiga, saya bisa menghitung dengan sangat cepat dan meramalkan masa depan!”
    mungkin akan terlihat sulit jika dimainkan sendiri!
    dan . .
    selamat mencoba . .

  8. gupito Says:

    Trick sulap coin menembus botol ada tdk?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 727 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: