MEMBUKA MATA BATIN


Mengaktifkan mata, hati dan telinga batin yang efektif adalah dengan banyak berdzikir dalam pengertian yang sangat luas. Dzikir berarti ingat pada Tuhan. Tentu bukan sekedar nama-Nya, melainkan hukum-hukum-Nya. Dan ketika kita sudah manunggal (kehendak) dengan Allah, atau manunggaling kawula gusti maka kitapun diberi hak untuk melihat dan berbicara dengan Mata dan Lidah-Nya (penjelasan tentang hal ini ada dalam hadis Qudsi riwayat Thabrani), tentu sesuai dengan kualitas “manunggal” yang kita lakukan. Seorang guru tasawuf mengatakan bahwa sekiranya tidak ada setan yang menghalangi, maka manusia dapat melihat kerajaan langit. Dan salah satu cara untuk menyingkirkan setan dalam hati manusia adalah dengan memperbanyak dzikir atau ingat kepada Allah.

Dijelaskan, dalam hati manusia ada dua wilayah kekuasaan. Satu wilayah dikuasai setan (nafsu jahat) dan wilayah lain dikuasai malaikat. Dua penguasa ini tiap saat selalu berperang. Hati yang selalu diisi dengan dzikir, wilayah setannya makin menyempit dan makin dominan wilayah malaikatnya. Artinya, makin intensif dzikirnya, makin sempit pula wilayah setannya. Karena itu, dzikir yang (benar-benar) dihayati dapat memberikan pengaruh yang sangat positif bagi kesehatan fisik maupun psikis (kejiwaan). Orang dapat terbebas dari stres, depresi, phobia dll karena tingkat keimanannya kepada Allah.

Secara alami, orang yang rileks dan nafsunya terkendali, ia memiliki hati yang lebih hidup. Instink pun menguat dan indera keenamnya membuka. Getaran-getaran halus mudah masuk karena terserap oleh hati dan qalb yang bermagnet itu. Proses ini pada puncaknya memunculkan apa yang disebut LADUNI, suatu ilmu dan pengetahuan yang datang bukan melalui (belajar) dengan manusia, melainkan karena kehendak langsung dari Dzat Yang Maha Kuasa.

Surat Al-Anbiya’ ayat ke : 79. Yang berbunyi :

Fa fahhamnaha Sulaimana wa kullan ataina hukman wa ‘ilman wa sakhkharna ma’a Dawudal jibala yusabbihna wat-tair, wa kunna fa’ilin.

Artinya :
Maka Kami telah memberikan pengetahuan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih kepada Daud. Dan Kamilah yang melakukannya.

Dari makna ayat tersebut, ditinjau dari sisi hikmah (metafisika), seseorang yang menempuh laku spiritual melalui maka insya Allah diberikan berbagai hal. Diantaranya :

- Diberikan padanya pengetahuan dibidang ilmu dan hukum (tentang menjawab dan memutuskan suatu persoalan yang tepat).
- Diberikan ilmu hikmah tentang rahasia alam mati dan alam hidup (digambarkan dengan kalimat gunung dan burung).

Salah satu dari Imam besar yang mengamalkan doa atau amalan sebagaimana tersebut diatas adalah Imam Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuthi, penulis ribuan kitab kuning yang karena produktifnya sehingga “lupa” berumah tangga.

Ada dua cara mengamalkan amalan tersebut diatas. Yaitu :

- Dibaca sebanyak 11 (sebelas) kali dalam satu hari satu malam. Terutamanya dibaca ketika usai shalat dan masih suci dari hadas.
- Dibaca setelah shalat maghrib tiga kali saja. Namun untuk metode yang ini, setelah ayat tersebut, dilanjutkan dengan doa sebagai berikut :

- YA HAYYU YA QAYYUM, YA ROBBI MUSA WA HARUN, YA ROBBI IBRAHIMA YA ROBBI MUHAMMADIN SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM.

- ALLAHUMMARZUQNIL FAHMA WAL ‘ILMA WAL HIKMATA WAL AQLA BIRAHMATIKA YA ARHAMAR RAHIMI.

Artinya :

- Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Yang Maha Kekal, Wahai Tuhannya Musa dan Harun. Wahai Tuhannya Ibrahim dan Tuhannya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.
- Ya Allah, berikanlah rezeki kepadaku berupa kefahaman (kemampuan memahami), dan ilmu, dan hikmah, dan akal (kecerdasan) dengan kasih sayang-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Penyayang.

Sesuai dengan artinya, seseorang yang istikomah (rutin) mengamalkan dan bersungguh-sungguh, insya Allah rezekinya tidak jauh dari seputar : Kecerdasan, ilmu, hikmah (bisa disebut metafisika).

Cara ke dua adalah kombinasi cara kesatu dan cara kedua, yang hanya membaca atau mengamalkan sehari dalam jumlah 11 (sebelas) dan amalannya hanya yang surat Al-anbiya : 79 saja, dan setelah usai shalat mahrib juga mengamalkan dengan jumlah amalan tiga kali tetapi dengan menambah doa sebagaimana yang diamalkan oleh Imam Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuthi.

Selain dengan cara kesatu dan kedua, cara mengamalkannya dengan memberikan “tekanan” pada bidang-bidang khusus. Yaitu, untuk kepentingan yang bersifat akal (kecerdasan intelektual) pada kalimat wal ‘aqla diulang sampai tiga kali, kemudian untuk yang bersifat metafisis (hikmah) memberikan pengulangan pada kalimat wal hikmata diulang tiga kali. Silakan Anda pilih yang mana. Yang pasti, dengan mengamalkan amalan tersebut diatas, insya Allah Anda diberi karunia berupa aktifnya indera-indera batin.

Namun demikian jangan mengamalkan dengan cara over dosis. Seseorang yang karena semangat untuk segera merasakan hasilnya mengamalkannya dengan jumlah ulangan 1000 (seribu) dalam satu hari. Apa hasil yang ia peroleh? Oleh keluarganya ia dibawa ke rumah sakit jiwa karena dianggap kena gangguan jiwa disebabkan ia sering mendengar suara-suara dari atas (langit?) sehingga sering membuatnya menangis, ketakutan dan tersenyum sesuai suara gaib yang ia dengarkan. Dan gangguan halusinasi itu hilang dengan sendirinya setelah ia meninggalkan (sementara) amalan yang dilakukan dengan cara over dosis itu.

Cara sederhana membuka indera keenam versi yang paling tradisional dapat dilakukan dengan berjaga pada malam hari. Pengertian “berjaga” bukan berarti begadang atau tidak tidur malam hanya untuk kepentingan menonton televisi.

Ada beberapa pendapat tentang mengurangi jam tidur untuk kepentingan olah batin. Yaitu, menjaga kerutinan untuk memulai tidur malam setelah jam 24.00 atau setelah tengah malam, karena pada saat pergantian masa itu terdapat energi kegaiban yang dapat diserap. Ada pendapat lain yaitu membiasakan tidur “sore” sekitar jam 21.00 kemudian bangun lebih awal (jam 03.00) kemudian melakukan ibadah dan olah batin melalui doa, dzikir, tafakur, dll.

Karena waktu sepertiga malam yang akhir ini para malaikat turun ke dunia dan mencari hamba-hamba Allah yang bertobat dan berdoa. Sepertiga malam yang akhir adalah waktu yang paling baik untuk mengutarakan segala kebutuhan dunia dan akhirat. Bagi yang muslim, jika memilih menggunakan metode yang ini sebaiknya dilanjutkan hingga waktu subuh. Setelah shalat subuh dilanjutkan dengan beribadah yang lain dan tidak kembali tidur melainkan terus beraktivitas sesuai dengan profesinya, karena tidur lepas shalat subuh berarti membuang kesempatan istimewa menyongsong malaikat yang membagi rezeki.

Jika orang terdahulu mencari keheningan dengan pergi ke goa atau hutan, kita dapat menemukan suasana hening dan khusyuk itu di lingkungan rumah kita sendiri dengan cara berjaga pada sepertiga malam yang akhir, dan dilanjutkan dengan menyongsong tugas keseharian kita sebagai makhluk sosial. Kebiasaan bangun pagi dan menghirup udara segar dapat menyejukkan hati dan pikiran. Saat ketenangan ada dalam jiwa, gelombang otak kita rendah sehingga mata hati kita aktif. Dari hati yang “hidup” itu secara alami berdampak pada terbukanya indera keenam.

Untuk membuka indera keenam itu tidak cukup dengan ritual yang bersifat lisan (amalan doa, wirid) saja. Seseorang harus hidup lurus dan normal jauh dari stres. Kunci untuk memperoleh hal tersebut dengan rumus : Jangan terlalu banyak hutang kepada Tuhan dan sesama manusia. Jika kondisi sudah mendukung, amalan (apa saja) termasuk beberapa jenis amalan sebagaimana tersebut di atas dapat mengantarkan anda memiliki ketajaman mata hati. Sebaliknya, walau anda rajin melakukan ritual batin namun kehidupan Anda amburadul alias tidak normal, maka amalan batin apa saja yang ingin anda pelajari dan ingin kuasai akan menjadi sia-sia dan tiada hasil.

About these ads

120 Tanggapan to “MEMBUKA MATA BATIN”

  1. arief wees Says:

    pertamaxxx ne,,hehehe

    ijin ngamalin ki,,tp jg mnta bimbingn nya ya ki,,hehehe nuwun

  2. satria bergitar Says:

    @arif wees,,,,, ya itu sbenarnya tidak ada batasan dalam brzikir. smakin banyak smakin baik dan smakin gigih kita brlatih smakin akan terasa, yg pnting niatny mengharap ridho allah swt. nuwun.

  3. ampel Says:

    ke berapa ni?ikt qobiltu boleh gak?

  4. ampel Says:

    mantep nanti sy nyumbng deh,he,he

  5. Cah Cerbon Says:

    Aslmu’alaikum…
    IJIN menyimak! ;-) semangat subuh kang…

  6. RUMI Says:

    Ijin ngamalkan ya mas satria bergitar ( jd ingat bang haji rhoma hehehhe )

  7. laskarwongkito69 Says:

    qobiltu,ki satria bergitar(deadman),ijinkan newbie untuk mengamalkan,semoga ALLAH SWT selalu memberikan kebarokahan dan kerohmatan untuk anda

  8. CAKIL Says:

    mas satria bergitar.. mhon ijin utk mengamalkan ya…

  9. risang Says:

    O o ini mas dead man tho.?Mau tak kirimi artikel g mas?

  10. Dewi Sri Says:

    mantaf nech..tausiahnya mas dead man…

  11. gus moes Says:

    qobiltu ki….moga barokah.aaamiiin

  12. Mr.Zm Says:

    Ass.. Salam salim om daedman Ijin ea om sya ngampus di sini.. Sya bru msuk kuliah salam sdulur smua mf bru tau ada kmpus d sini he..he..
    Minta izin ngamalinnya om mudh2n manfaat dunia akhirat..

  13. andra Says:

    @sesepuh sedaya:salam hormat,salam takzm,salam salim ae…hehehe,,tumut ndoprok ngangsu kawruh….hehehhe,,
    @kang deadman:kakangq…mbok q diajari nganggone wordpres kang,,eh di badrol kui di apakke kang…hehehhee,,koyo d add ora?mbok gonku ki d add…rung iso nganggo scra maksimal q kang….
    http://budayasenijawa.wordpress.com/

  14. 5iap@-5@ya Says:

    Qabiltu om SB.

  15. ►Zeus► Says:

    Mantap

  16. harry indramayu Says:

    assalamualaikum….
    mantap ki deadman…. qobiltu ijin mo amalin….

  17. Wijaya Says:

    Slm knl, blh sy brtanya, klo sdh mngamalkn amalan diatas apkh bs melihat mahluk yg ta kasat mata…………!!!

  18. Edy Pujiarso - Pemalang Says:

    Assalamu alaikum Wr. Wb.

    Satria Bergitar, sudah lama ingin agar mata bathin saya bisa kebuka.
    Seminggu yg lalu sy buka situs ini, dan sdh 3hr saya mengamalkannya …. InsyaAllah bermanfaat bagi diri saya …..
    maaf sebelumnya saya telat minta ijin duluan …. trims.

    Wassalamu alaikum Wr. Wb.

  19. sarmin Says:

    assalamu’alaikum.. satria bergitar saya ijin untuk mengamalkanya. smga brmanfaat, smga amal baik aki di bls oleh allah. wassalam

  20. alfatiganie Says:

    ijin mengamalkan KI..

  21. Tb.uci sanusi Says:

    ass!!qobiltu ki adzin ngamalin..allahumma innii as-aluka min ladunka ‘ilmaa!!smoga ilmu kakang barokah sllu..amiin!!

  22. tyo Says:

    Assalamu’alaikum…
    mu tnya om,
    - klo mw meliaht apa yang di bcca om ?
    - trs cara menutupnya dgn membaca apa?
    trmakasih om….
    Assalamu’alaikum…
    -( rehriharmonie@yahoo.co.id )-

  23. Auva shiva Says:

    Asslmkum. .saya mau brtanya. .apa blh. Kita bljar ilmu batin?namum apa hukum nya. . ?trmaksh asslmkm. .

  24. santri Says:

    qobiltu,,nyuwun ijazahipun yi……sangking pati

  25. kulo nembe ajar Says:

    bismillah…
    qobiltu….
    ki… nyuwun ijazahipun. lan nyuwun ijinipun. kulo badhe ngamalaken. mugi2 barokah.
    amin…

  26. median Says:

    assalamualaikum…..ki ijin mengamalkan.

  27. Kancil Sang Pendosa Says:

    assalamualaikum……ki, minta ijin ngamalin mudah2an bisa kebuka dan sadar. maklum banyak dosanya.

  28. Rosyied AR Says:

    Ass. Wr. Wb.
    Mohon izin & do’a restunya Ki…
    Sudah saatnya sy belajar…mudah2an bisa membawa berkah ya..
    Mohon bantuan & bimbingannya ki
    Wassalam,
    Rosyied AR.

  29. Acong Sugara Says:

    mohon ijin untuk mengamalkannya…..

  30. sukmanto Says:

    nyimak dulu dech… sing penting ikhlas dalam mengamalkannya.

  31. Irvan10 Says:

    Ijin mengamalkan mudah2 membawa berkah amin.

  32. andry Says:

    pak apakah ada cara cepat untuk buka maata batin???

  33. aly imran Says:

    mohon izasah awalan nya

  34. joehari Says:

    alhmdllh ijin ngamalin bang,,,

  35. Dhuha/fathir Says:

    Salam takdzim buat om angker dan om dead man. Tak lupa buat sedulur semua. Qobiltu LIRIDHO LILLAHITA’ALA, wasyafa’ati ROSULILLAH SOLLALLOHU ‘ALAIHI WASALLAM. mohon bimbingan

  36. indra Says:

    saya ijin mengamalkan ya ki

  37. Alta Mas Says:

    aslmlkm………………………!!!!! aki banyak ilmu yang pnh sy dptkan dari situs ini mhn ijin mengamalkannya….?/ smg Allah meridoi dan memberikan barokahnya aminnnnn……///

  38. boyz Says:

    ass……..
    ki, mnta izin mengamalkan nya ya….

  39. ram zebua Says:

    mohon ijazah dan ijin mengamalkannya,smoga bermanfaat

  40. sugiono Says:

    assalamualaikum..mohon ijin untuk mengamalkanya

  41. azka Says:

    ijin untuk mengamalkannya mas

  42. bima Says:

    assalamualaikum,,
    kok gak ada doa nya,,,ijin kan aq mengamal kan nya,,bila allah meridoi…

  43. khoyrul harmawan Says:

    Ass.wr.wb.
    Sy mau tanya, mengenai kegiatan dzikir bersama kira2 ada dikota mana dan mohon sy diberi alamat anda.
    My Number: 087878867888
    Terimakasih.
    Wass.wr.wb.

  44. dika Says:

    semoga jadi sesuatu yg baik..

  45. Marsu Says:

    Mohon izin tk mengamalkan ki mhn bimbinganya

  46. ardiizah Says:

    salam ki

    mohon izin dan ijazahnya mengamalkan ilmu ini ki semoga bermanfaat dan mendapat syafaat amin terima kasih ki

  47. stupid Says:

    ijin ngamalkan ki..qobiltu..mg2 bermanfaat

  48. Dwi Wahyu Says:

    Ijin ngamalin ya ki ,
    semoga kebaikan ini dibalas dengan ganjaran yang sesuai dari Allah SWT

  49. khairul Says:

    assalamuakum ki…?sdikit crita ki,sblumnya saya jga blajar kebatinan,tpi sya ingn menambah dri aki,apa ada efk smping apabila saya amalkn mohn penjelasan dan mohon izin dan ijazhnya untk pengamalannya trmksh…
    ass ww

  50. abdi Says:

    ass.wr.wb ijin saran saudara saudaraku yg se iman,Nabi Muhammad adalah contoh atau suri tauladan yg baik sampai akhir zaman.jadi niat qta utk mendekatkan diri kepada Allah SWT jgn sampai ada niatan yg laen,(membuka mata batin/hati dll ) krn Nabi Muhammad tdk mengajarkan spt hal itu, nabi Muhammad adalah manusia biasa bila dibandingkan dgn nabi nabi yg laen,yg memiliki kelebihan berupa mukjizat dll. ih dinas sirothol mustaqim,sirotol lazi na an amta alaihim….amin. tks wasalm al fakir.

  51. robi93 Says:

    qobilto, saya terima ijazah’y amalan membuka mata bati dg lenkap sempurna . ijin ngamalin ya ki deadman, semoga bermanfaat .

  52. D'mis Says:

    Ass…Wr…Wb
    ijin mengamalkn ,
    dn mau tnya ,
    apkah bleh dsrtai dgan puasa mutih atau puasa senin kamis ?
    Sblum dn ssudah nx trimaksih,

  53. welgi martsen Says:

    Bgus ap yg di ajarkan anda semoga bermanfaat buat para pembaca n anda mendapat pahala krn tlah m’gajarkan kebajikan

  54. Dudy Says:

    Terimakasih ki

  55. khumaini Says:

    assalamualaikum,ki doa untuk menutup kembali caranya gimana?.

  56. Musafir Says:

    Ass.kum..qobiltu mohon ngamalkan ki..mudah2an panjenengan selalu dlm kerahmatan Dan perlindungan dari Allah SWT, saya mohon doanya.

  57. ricat Says:

    minta ijinnya dong pak…ngomong2 bapak udah kbuka blom matanya

  58. Gus Sur Says:

    Ijin mengamalkan Ki….

  59. sdrt Says:

    izin ngamalin & ijazah dan doa restunya :)

  60. farrendaf Says:

    assalamualaikum…. qobiltu ijin mengamalkan… mohon doa dan restunya…. insya allah untuk wirid 3x ba’da maghrib beserta doa….
    terima kasih dan wasalamu’alaikum…. salam dari saya Tribagus

  61. @zna.. Says:

    Ass..ijin mengamalkan ki’ smoga ber manfaat,serta di berikan rahmat dan hidayah, amie..n.

  62. ferocious fuzz Says:

    Assalammualaikum~
    Qobiltu..
    Mohon ijazah dan izin untuk diamalkan suatu hari nanti..

  63. ferocious fuzz Says:

    Assalammualaikum~
    Qobiltu..
    Mohon ijazah dan izin untuk diamalkan saat sudah bersedia nanti..
    Syukran jazilan..

  64. andarwati Says:

    Assalamu’alaikum wr wb, sugeng siang Ki… nderek palilah kaliyan nyuwun pangestu, mugi saged dados ilmu engkang migunani donya akhirat, migunani tumrap sesami… ugi dados amal kagem Panjenengan (Amin). Mugi-mugi kanthi ilmu meniko, kulo dados pribadi engkang langkung utomo, engkang tansah ajrih kaliyan Gusti Alloh, Gusti engkang Moho Agung.

  65. izul Says:

    assalamualaikum……ki, minta ijin ngamalin mudah2an bisa kebuka dan sadar. maklum banyak dosanya

  66. Hendra Gunawan, SS Says:

    Salam sejahtera Ki, ane minta ijazahnya amalan ini dan doanya agar berkah untuk kita semua…..amiin. Matur nuwun.

  67. supriyatno Says:

    Sangat mencerahkan. Isyaallah bermanfaat untuk setiap umat tg sedang mencari pencerahan di jalan allah swt spt saya. Terimakasih

  68. gerry Says:

    ijin amal
    assalammualaikum

  69. gerry Says:

    semoga di rahmati allah swt
    amin”
    saya sudah belar ilmu mata batin tidak mudah untuk mempelajari nya
    HATI-HATI SAAT MATA BATIN ANDA SUDAH DI BUKA
    -DAN DARI SERANGAN MAHLUK GHAIB

    {_ASSALAMMUALAIKUM_}

  70. GERY APRILIO Says:

    semoga di rahmati allah
    swt”
    HATI-HATI SAAT MATA BATIN ANDA SUDAH DI BUKA
    -DAN DARI SERANGAN MAHLUK GHAIB

    {_ASSALAMMUALAIKUM_}

  71. pak de tug Says:

    ass.wr.wb mohon izin ki untuk mengamalkan semoga bermanfaat untuk kita semua dan mohon do’a restu nya matur sembah nuwun wassalamu ‘alaikum wr.wb

  72. puspita Says:

    ass.wr.wb mohon izin mengamalkannya ki dan mhon doa restu.., mau tanya apa benar klo sudah kebuka mata bathin bisa dpt serangan dari makhluk gaib?? terus cara melindungi diri bgaimana?? Mohon dijawab ya ki, soalnya saya msh awam, terima kasih, semoga ALLAH SWT membalas kebaikan ki dead man….

  73. FT Suharto,MM.MBA Says:

    ki perkenalkan saya ft suharto,MM.MBA seorang penulis buku forex trading, sy ingin bertanya apakah ada ilmu yang bisa menebak pergerakan harga valas apakah akan naik atau turun dengan tepat karena jika kita dapat menguasainya maka sangat mudah mendapatkan uang dalam tempo singkat….karena ilmu ilmiah yg aY miliki berupa analisa teknikal dan fundamental sifatnya hanya mendekati saja dan tidak bisa tepat….terima kasih ki.

    • DeadMan KSIH Says:

      sy rasa ada saja namun biasanya ilmu yg digunakan untuk menebak juga kadang bisa meleset. tidak ada manusia yg bisa memastikan apa yg akan terjadi kecuali hanya me,prediksi saja. nwn.

  74. untung riyanto Says:

    mohon ijin mengamalkan, qobiltu

  75. muslim abimanyu Says:

    Assalamu’alaikum wr,wb.
    Matur sembah suwun untuk pemahaman amalan ini dan smoga bermanfaat…
    Sebelumnya,mohon ijin !!!

  76. dewa gimbal Says:

    bismilahirrohmannirrohim.
    assalamualaikum.
    kulo ajeng nyuwon izin kaleh panjenengan. . ajeng ngamalke. . mugi2 berguno.
    kulo niki ajeng tanglet utawi sampun kebukak trus diserang enten amalane meleh mboten.
    matur nuon.

  77. fajar ramadhan Says:

    assalamualaikum ,ijin mengamalkan ki,…..

  78. oa agus Says:

    qobiltu,,,ijin nyimak <<

  79. hamba allah Says:

    assalamualaikum pak usztad

    izin mengamalkan nya yaa…. semoga dapat bermanfaat dunia dan akhirat….

    mohon di ijazah’in yaa pak usztad

  80. sutarno Says:

    minta ijin tuk mengamalkannya Ki..

  81. afriansyah Says:

    assalamu ‘alaikum… QABILTU… Saya TERIMA IJAZAH ILMU MEMBUKA MATA BATIN dgn LENGKAP dan SEMPIURNA,Ki. MOHON IZIN DAN IKHLASHNYA BUAT MENGAMALKAN. Wassalam

  82. syuhadak Says:

    ijin mengamalkam ki, Mohon bimbingannya.

  83. nathan Says:

    Qobitul Ijin menyimak dan mengamalkanya

  84. Attack On Attack Says:

    qobiltu…

  85. Buyung b.a Says:

    Asalamualaikum.
    Dengan mengharap rido ilahi, sy buyung minta ijin untuk mengamalkan dan berbagi.
    Al fatihah sent.

  86. ENERGI56 Says:

    Ass. Wr. Wb.
    Mohon izin & do’a restunya Ki…
    Sudah saatnya sy belajar…mudah2an bisa membawa berkah ya..
    Mohon bantuan & bimbingannya ki
    Wassalam.

  87. Badrus Says:

    Assalamualaikum KI, mohon izin dan restunya untuk mengamalkan, wassalam

  88. MAS RIDHO Says:

    Asalamu’alaikum Dead man?..
    Apakah sya boleh mengamalkan walaupun belum anggota?..

  89. AmanXTio Says:

    Assalamuailaikum ki..
    Izin mengamalkan..
    Terimakasih..

  90. Jayadi Says:

    Assalamualai’kum,,,,wr,,,,,wb mohon izin tuk mengamalkannya,

  91. maryadi darwis Says:

    sya ingin bertnya.. klo mata batin terbukaa.. apaa manfaat seesungguhnya???

  92. Kenangan Tak Selamanya Indah Says:

    Izin Sedot Ki

  93. Ucil Says:

    Ass..
    Makasih ky ilmu xa,,
    saya jga pengen buka mata batin saya,,saya mau minta izin bwt mengamalkanx ea ky,,smga saya berhasil n bermanfaat bwt diri sendiri n orang laen,,
    makasih ky atas ilmu xa

  94. candi Says:

    Assalammualaikum wr. wb
    newbe izin nyimak dan mengamalkan amalan membuka mata batin
    semoga berhasil dan bermanfaat…..

  95. Aulya rahman Says:

    kalau benar mas sudah kebuka mata batin nya coba tebak apa warna baju yang saya pakai hari ini?…….ok

  96. hafidrauf Says:

    wah ini dia yang ane cari… masuk diakal.. :)

  97. Achmad Rosyidul Umam Says:

    ASSALAAM’UALAIKUM..
    MOHON IZIN UNTUK MENGAMALKAN
    QOBILTU..

  98. Nurqaseh Fatini Arifin Says:

    qobiltu al fatihah tkasih

  99. wahang66@yahoo.co.id Says:

    boleh dong

  100. Amang Rezky Cool Says:

    Mungkin dilain waktu ana akan mengadakan pengisian dan pengizajahan gratis membuka mata batin dengan rajah gaib, yang mana para peserta wajib menyiapkan tinta ja’faran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 727 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: